Friday, September 20, 2019

Jenis jenis Firewall dan penjelasannya pada Mikrotik



Firewall

Firewall merupakan sebuah sistem keamanan yang berfungsi untuk memeriksa paket yang keluar ataupun masuk. Dengan adanya firewall kita bisa melindungi jaringan kita terhadap serangan dari luar maupun dari jaringan lokal kita sendiri. Untuk Mikrotik sendiri kita bisa membuat Router Mikrotik sebagai firewall yang melindingi jaringan lokal dari serangan yang berasal dari luar (internet). Karena nantinya Router Mikrotik akan memilih mana paket yang boleh masuk atau keluar dan mana paket yang akan dibuang. Ada beberapa jenis firewall yang ada pada Mikrotik, yaitu:


  • Firewall NAT

NAT atau Network Address Translation adalah sebuah firewall yang berfungsi untuk merubah IP address pengirim seolah-olah menjadi IP address dari Router. NAT ini biasanya digunakan saat Router berada di antara 2 jaringan yang berbeda. Firewall NAT dbagi menjadi 2 yaitu Scrnat dan Dstnat.

  • Firewall Filter
Firewall filter digunakan untuk membatasi suatu paket yang dapat masuk atau melewati sebuah sistem Router. Jadi setiap paket yang mau masuk atau keluar nantinya bakal disaring/dipilih-pilih oleh Router. Ada 3 jenis atau chain di firewall filter, yaitu:
  1. Input: Menangani paket data yang masuk ke dalam Router
  2. Forward: Menangani paket data uyang melintasi Router
  3. Output: Menangani paket data yang keluar dari Router

Share this